Senin, 02 Juli 2012

STATE MACHINE DIAGRAM

State machine diagram adalah untuk teknik yang umum digunakan untuk menggambarkan behaviour sebuah sistem.hal ini digunakan untuk membantu analis,peranvang dan pengembang untuk memahami perilaku obyek pada sistem.

Tidak cukup hanya mengimplementasikan sebuah obyek,pengembang juga harus membuat obyek tersebut melakukan sesuatu.State diagram memastikan bahwa obyek-obyek tersebut akan menebak apa yang jelas tentang perilaku obyek,kemungkinan tim pengembang akan memproduksi sebuah sistem yang sesuai dengan requirement.

Simbol UML untuk state chart diagram adalah segiempat yang tiap pojoknya dibuat rounded.Titik awalnya menggunakan lingkaran solid  yang diarsir dan  diakhiri dengan mata.

UML juga memberi pilihan untuk menambahkan detil ke dalam simbol tersebut dengan membafi tifa area yaitu name statemvariabel dan aktivitas.

Acitvity terdri atas events dan action,tiga hal yang sering digunakan dalam activity adalah :
1.entry : apa yang terjadi ketika sistem masuk ke state
2.Exit : apa yang terjadi ketika sistem meninggalkan state
3.Do : apa yang terjadi ketika sistem ada di state

State,Event dan transition

Statechart diagram menampilkan state-state yang menungkinkna dari sebuah obyek,event yang bisa dideteksi
dan respon atas event-event tersebut.secara umum,pendeteksian sebuah event dapat yang lain yang disebut dengan transition.Sebagaai contoh jika sebuah CD player dalam keadaan terbuka,penekanan tombol load akan menyebabkan drawer CD player erpindah ke state close,sebagaiman =a digambarkan sebagai berikut :


INITIAL DAN FINAL STATE






1 komentar: