Senin, 02 Juli 2012

SEQUENCE DIAGRAM

Sequannce Diagram digunakan untuk menggambarkan perilaku pada sebuah skenario.Diagram ini menunjukan sejumlah contoh objek dan massage yang diletakkan diantara objek-objek ini di dalam use case.

Komponen utama sequence diagram terdiri atas objek yang dituliskan dengan kotak segi empat bernama.Massage diwakili oleh garis dengan tanda panah dan waktu yang ditunjukan dengan progress vertikal.

Sequence diagram digunakan ketika ingin mengetahui perilaku beberapa objek pada use case tunggal.Sequence diagram bagus dalam menunjukan kolaborasi diantara objek,namun tidak begitu bagus dalam memberikan definisi yang pasti tentang perilaku tersebut.

Untuk melihat perilaku suatu objek pada banyak use case lebih baik jika menggunakan state machine diafaram untuk melihat perilaku terhadapat banyak use case lebih baik menggunakan activity diagram.

Objek/Participant

Objek diletakan dibagian atas diagram dengan urutan dari kiri ke kanan.Objek diatur dalam urutan untuk menyederhanakan diagram.Dalam UML 2 istilah objek diganti dengan participant.

Setiap participant terhubung dengan garis titik-titik disebut lifeline.Sepanjang lifeline ada kotak yang disebut activation yang mewakili sebuaah eksekusi operasi dari participant.Panjang kotak ini berbanding lurus dengan durasi activation.

Sebuah massage bisa jadi simple,synchronous atau asynchronous.Massage yang simple adalah sebuah perpindahan (transfer ) control dari participant ke participant yang lainnya.Jika sebuah participant mengirimkan sebuah massage synchoronous,maka jawaban atas massage tersebut akan ditunggu sebelum diproses dengan urusannya.

namun jika massage asynchronous yang dikirimkan,maka jawaban atas massage tersebut tidak perlu ditunggu.Simbol massage pada sequence diagram adalah :

Time adalah diagram yang mewakili waktu pada arah vertikal.Waktu dimulai dari atas kebawah.Massage yang lebih fekat dari atas akan dijalankan terlebih dahulu dibanding massagr yang lebih dekat ke bawah.

Dari penjelasan tersebut terlihat bahwa sequence diagram menunjuka dua dimensi.Dimensi dari kiti ke kanan menunjukan tata letak objek/participant dan dimensi dari atas ke bawah menunjukkan lintasan waktunya.

Recursive

Recursive artinya sebuah objek mempunyai sebuah operation kepada dirinya sendiri.
Contoh dari recursive ini dapat diasumsikan sebuah objek pada sistem kalkulator dengan operasi menghitung bunga.Untuk menghitung bunga  berbunga salema periode tertentu maka objek tersebut perlu melakukan opration terhadap dirinya endiri menghitung bunga.


Looping,Syarat dan Like


Masalah umum pada sequence diagram adalah bagaimana menunjukan perilaku  perulangan/looping dan bersyarat (conditional ) pada sequence diagram.Hal pertama yang perlu dicatat adalah buka pada seberapa bagus sequence diagram mampu menunjukan hal tersebut.Jika ingin menggunakan activity diagram atau coding pemograman sevara langsung.Sequence diagram hanyalan drbagai visualisasi bagaimana objek berinteraksi daripada sebagai cara untuk pemodelan logika.


Loop dan conditional menggunakan kerangka interaksi (interaction frame ),yaitu frame untuk memberi tanda pada sequence diagram.


Operator


alt : altenatif dari banyak fragmen.hanya yang kondisinya true yang dijalankan
opt : optional,fragmen akan dijalankan jika kondisi yang mendukungnya true
par : paralel,setiap fragmen dijalankan secara paralel
loop : looping,fragmen mungkin dijalankan berulang kali dan guard menunjukan basis iterasi
region : critical region,fragmen hanya dapat mempunyai satu thread untuk menjalankannya
neg : negatif,fragmen menunjukkan intraction yang salah
ref : reference,menunjukan ke sebuah interaction yang didefinisikan pada diagram yang lain
sd : sequence diagram

2 komentar:

  1. lengkap sekali mas artikel tentang sequence diagramnya.. terima kasih ya mas atas ilmunya.. sanga bermanfaat buat saya.. sukses selalu.. ^^

    BalasHapus